1000 UMKM Hadir di Balikpapan Fest 2023

foto : bpn_fest

Balikpapan Fest 2023 sebagai Program Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 telah resmi dibuka secara meriah di BSSC Dome, Jumat malam (20/10/2023). Malam pembukaan resmi event ini ditandai secara simbolis dengan penekanan sirine oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Event Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu.

Didampingi Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Balikpapan, C.I Ratih Kusuma W, Kepala Dinas Komunikasi dan Informastikan, Adamin Siregar; Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, Adwar Skenda Putra dan Risti Utami. Mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Disporapar Kota Balikpapan Balikpapan, C.I Ratih Kusuma W. dalam sambutannya menyampaikan bahwa Balikpapan Fest 2023 merupakan sebuah event tahunan dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Dunia yang diselenggarakan oleh Disporapar Balikpapan, Kalimantan Timur.

fest2023bpn

Balikpapan Fest 2023 ini telah menjadi salah satu agenda nasional yang menarik perhatian dari Kementerian Pariwisata RI, serta menjadi bagian dari kalender program Karisma Event Nusantara (KEN) 2023. Balikpapan Fest 2023 yang merupakan edisi keempat penyelenggaraannya, mengambil tema “World Cultural Diversity in Nusantara”.

Pelaksanaan Balikpapan Fest 2023 ditutup pada Minggu malam dihadiri Wali Kota Balikpapan H.Rahmad Mas’ud didampingi Ketua TP PKK Balikpapan Nurlena Rahmad Mas’ud, Asisten Tata Pemerintahan Zulkifli, Kepala Disporapar Balikpapan Ratih Kusuma. Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah melaksanakan even Balikpapan Fest 2023.

Dengan semangat untuk memperkuat dan merayakan keanekaragaman budaya, Balikpapan Fest 2023 juga mengajak semua pihak untuk turut serta membangun momentum positif dengan mengangkat dan mempromosikan warisan budaya yang ada di Kalimantan khususnya kota Balikpapan. Sementara itu pada, Hari kedua Balikpapan Fest 2023 yang berlangsung di halaman BSSC Dome, Balikpapan dipadati ribuan orang. Sabtu (21/10) malam, panitia menyajikan festival fashion dengan tema “Culture in Fashion” yang menampilkan ragam budaya nusantara termasuk kota Balikpapan dan luar negeri.

foto : bpn_fest

Namun tak kalah menarik adalah penampilan hasil karya anak Balikpapan yang berkolaborasi ibu dan anak dan seorang desain. mereka adalah desainer Primas Gigih Prihanta dan Azelea serta mamah Azelea. “Kita menampilkan fashion dari lukisan-lukisan Azalea yang kita angkat. dia fashion suka melukis karena itu kita angkat fashionnya lukisan kemudian kita printer tekstil yang dikombinasikan dengan motif-motif Balikpapan,” terang Primas Gigih sang desainer Balikpapan. Persiapan untuk ini dilakukan sejak September lalu. berawal dari obrolan santai yang akhirnya ketemu ide dari kesukaan Azalea yang suka menggambar.”

Terceletuk, eh ade pintar gambar ya. kayaknya bagus ya yuk kita jadikan baju,” ujarnya.

“Kemudian koleksi gambar Azelea ini dikumpulkan dan kita buat jadi printing,” timpal ibu dari Azalea. Primas menyebutkan dalam Balikpapan Fest 2023 ini, dirinya menyiapkan tujuh rancangan. Menampilkan baju pria dan wanita.

“Ini perdana kita keluarkan. semoga kedepan bisa lebih banyak lagi,” harap Primas dan ibu dari Azelea. Batik khas Balikpapan dengan motif Klubut, karang munting, akaar mangrove juga ditampilkan dan dibawakan oleh para model baik meodel anak-anak maupun remaja dan dewasa. Selain itu juga ditampilkan fashion dari negara Korea, Tiber, China, Rusia Belanda dan Paris.

Penampilan fashion di atas panggung besar ini menjadi perhatian publik termasuk dari Ketua Ekonomi Kreatif Balikppaan Hj Nurlena, Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata Cokorda Ratih Kusuma serta kepala OPD yang juga ikut hadir. Bahkan istri wali kota Balikpapan memberikan penghargaan kepada Azelea yang ikut berpartisipasi dan memiliki bakat dalam hal busana Balikpapan Fest 2023 ini digelar selama 3 hari yakni sejak Jumat (20’/10) hingga Minggu (22/10) di halaman Dome, Balikpapan.

Hari terakhir pada Minggu malam akan dimeriahkan penampilan Ziva Magnolya, Teraskaca Band dan DJ Adit Rea. Selain itu juga akan ada lomba jubah dan yel-yel motivasi. Dalam Balikpapan Fest 2023 ini juga dihadirkan 70 tenant kuliner baik lokal maupun nusantara serta beberapa makan ala barat. panitia menargetkan 20 ribu pengunjung selama 3 hari gelaran Balikpapan Fest 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Terima kasih sudah menghubungi Tim UMKM Maju.
Ajukan kebutuhan Anda, tim kami siap melayani.